Wednesday, April 6, 2011

Sudahkah Anda Bershalawat kepada Rasulullah SAW Hari Ini?

Sudahkah Anda mencintai Rasulullah SAW sesuai dengan Rukun Iman ke 4 : ” Mencintai Rasulullah adalah suatu pernyataan secara refleksi (spontanitas) mencintai Allah Ta’ala. Demikian pula mencintai ulama dan orang-orang yang bertaqwa, karena sesungguhnya Allah mencintai mereka semua, dan mereka semua mencintai Allah.”

Rasulullah SAW bersabda, ”Tidaklah sempurna Imannya seorang di antara kalian hingga aku lebih dicintai olehnya melebihi jiwanya, hatinya, anaknya, orang tuanya, dan semua manusia.”

Yang dimaksud dengan semua manusia adalah selain mereka yang telah disebutkan yaitu para kerabat, kenalan tetangga, para sahabat dan lainnya.

Semua cinta-cinta itu akan kembali kepada cinta asal maka cinta asal itu tidak akan pernah terlewati kepada selain Allah. Secara hakiki tiada yang dicintainya menurut para ahli (Drawil Bashori “Orang-orang yang mempunyai mata batin”) kecuali Allah dan tiada yang berhak dicintai selain Dia.

Mengagungkan derajat Rasulullah SAW, dengan mengetahui bahwasannya derajat beliau adalah yang tinggi, menjaga tatakrama saat menyebut nama-Nya, mendengar nama dan hadist-Nya, memperbanyak membaca sholawat dan selain kepada beliau dan dengan sungguh-sungguh mengikuti sunah-sunah beliau.

Allah Ta’ala telah berfirman :

”Janganlah kamu meninggikan suaramu lebih dari suara Nabi.” (Qs. Al-Hujarat : 2)

”Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bershalawat untuk Nabi : ”Wahai orang-orang yang beriman! bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepada-Nya.” (Qs.Al Ahzab :56)

Rasulullah SAW bersabda, ”Kalau orang bershalawat pada ku, malaikat juga akan mendoakan keselamatan yang sama baginya. Untuk itu, bershalawatlah meski sedikit atau banyak.”

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, ”Kalau orang bershalawat pada Ku satu kali, Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali.”

Rasulullah SAW bersabda, ”Tidak seorang pun yang menyampaikan salam kepada ku, melainkan Allah mengembalikan Ruh ku sehingga aku menjawab salam-Nya.”

Catatan : Marilah bershalawat kepada Rasulullah SAW sebanyak-banyaknya dimanapun Anda berada.

No comments:

Post a Comment