Thursday, September 23, 2010

Terima Kasih telah Menolak Saya

Seorang pria bernama Jack bermimpi untuk menjadi penulis buku. Bukan buku biasa, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Buku itu akan berisi kumpulan kisah yang menggugah, ditulis dengan singkat dan padat namun mengena. Dan yang membuat buku itu istimewa karena semua kisah dalam buku itu didasarkan pada kisah nyata. Jack percaya buku itu aka disukai karena akan menginspirasi banyak orang yang membacanya. Setelah menemukan hasratnya, ia mulai menulis dengan penuh semangat.

Ketika buku itu selesai ditulis, naskah itu pun diajukan ke penerbit. Jack optimis akan mendapat respon positif. Tetapi di luar dugaan, sebuah perusahaan penerbit menolaknya. Jack pun mencoba menawarkan naskahnya ke perusahaan penerbit yang lain. Dan ia ditolak lagi. Ia mencoba lagi untuk ketiga kalinya, dan... ditolak lagi.

Namun Jack tak kenal menyerah. Ia mencoba lagi dan mencoba lagi... lagi dan lagi. Dan penolakan demi penolakan pun terus diterimanya. Tidak tanggung-tanggung, ia telah mendapatkan penolakan sebanyak 124 kali...!!

Ya... 124 kali! Bukan jumlah yang sedikit. Bisakah Anda bertahan terhadap penolakan sebanyak itu?! Pada penolakan yang ke berapakah kira-kira Anda akan memutuskan berhenti dan menyerah? Pada penolakan ke-100 kah? Pada penolakan ke-50 kah? Atau jangan-jangan daya tahan Anda hanya sampai pada penolakan ke-10?

Seandainya Jack memutuskan untuk menyerah pada penolakan ke-10, ke-50, atau ke-100, atau bahkan ke-124, dunia tidak akan pernah mengenal sebuah buku yang paling menginspirasi orang dari berbagai belahan bumi selama bertahun-tahun. Buku itu kita kenal dengan "Chicken Soup for the Soul". Pada usahanya yang ke-125, akhirnya sebuah perusahaan penerbit menerima naskahnya dan menerbitkannya. Dan ternyata, buku itu laris manis, dan berhasil masuk dalam 150 top best seller sepanjang 15 tahun.

Serial Chicken Soup menjadi buku motivasional yang sangat digemari di berbagai belahan bumi. Ada lebih dari 200 judul dari serial buku ini yang telah dibuat oleh Jack Canfield, dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 40 bahasa, dan terjual lebih dari 112 juta copy.

No comments:

Post a Comment