Friday, September 24, 2010

Berlomba dalam Kebaikan

Suatu ketika, usai mengimami shalat subuh, Rasulullah bertanya kepada para sahabat, "Adakah di antara kalian yang berpuasa hari ini?"

Umar menjawab, "Semalam aku tak berniat berpuasa. Jadi hari ini aku tidak berpuasa."

Sementara Abu Bakar menjawab, "Aku berpuasa, Rasulullah. Aku sudah berniat sejak semalam."

Rasulullah bertanya lagi, "Adakah di antara kalian yang menjenguk orang sakit hari ini?"

Umar menjawab, "Aku di sini terus sejak kita melaksanakan shalat. Bagaimana aku menjenguk orang sakit?"

Sedangkan Abu Bakar menjawab, "Semalam aku mendengar Abdurrahman bin Auf sedang sakit. Untuk itu, sebelum datang ke masjid ini aku menyempatkan diri menjenguknya."

Rasulullah bertanya lagi, "Adakah di antara kalian yang hari ini sudah bersedekah?"

Umar menjawab, "Hari ini aku belum kemana-mana."

Sedangkan Abu Bakar menjawab, "Sebelum sampai di sini, aku tadi melihat pengemis. Kebetulan anakku membawa roti. Kuminta roti itu untuk kuberikan kepada pengemis itu."

Rasulullah kemudian berkata, "Berbahagialah Kau, Abu Bakar. Kau mendapatkan surga."

Umar menghela nafas seraya berkata, "Betapa indahnya surga."

Rasulullah tersenyum melihat Umar tampak kecewa karena tidak bisa berbuat kebaikan sebagaimana Abu Bakar. Rasulullah segera membesarkan hati Umar.

"Semoga Allah menyayangi Umar... Semoga Allah menyayangi Umar, meski segala kebaikan-kebaikan yang diinginkannya telah didahului Abu Bakar." kata Rasulullah.


Dalam kisah lain, suatu ketika Rasulullah memerintahkan kepada paa sahabatnya untuk menyedekahkan hartanya. Kali ini Umar bersedekah dalam jumlah banyak. Umar berpikir, jumlah itu pasti melebih jumlah yang akan disedekahkan Abu Bakar.

"Kau tidak menyisakan hartamu untuk keluarga?" tanya Rasulullah.

"Sudah," jawab Umar. "Aku sudah menyisakannya."

Giliran Abu Bakar. Abu Bakar pun ternyata bersedekah dalam jumlah yang tak kalah banyak. Rasulullah bertanya hal yang sama: apakah ia tidak menyisakan hartanya untuk keluarga?

Abu Bakar menjawab, "Untuk mereka aku menyisakan Allah dan Rasulullah."

Umar tampak merasa 'kalah'. "Sepertinya aku memang tidak akan pernah bisa unggul darimu dalam hal kebaikan sedikit pun." kata Umar kepada Abu Bakar.

No comments:

Post a Comment