Monday, December 7, 2009

Kucing yang Tidak Tahu Berterima-kasih

Pada suatu ketika, ada seorang tua bijak yang lewat di depan rumah seorang lelaki muda, yang kebetulan pada saat itu terlihat sedang memukul seekor kucing. Maka bertanyalah orang tua tersebut, “Kenapa kamu memukul kucing yang lemah itu?”

Lelaki tersebut menjawab, “Minggu lalu aku menemukan kucing ini di lorong sebuah jalan dalam keadaan sangat lemah dan kedinginan. Aku ambil kucing ini dan aku pelihara di rumahku. Aku memberinya makan dan minum sampai kucing ini benar-benar sehat. Namun apa yang terjadi kemudian... setelah kucing ini benar-benar sehat, ia membuang najis/kotoran di setiap sudut rumahku... Benar-benar tidak tahu berterimakasih!”

Mendengar jawaban itu, orang tua bijak itu pun berkata, “Ketahuilah anak muda, sebenarnya itu adalah peringatan dan perumpamaan yang diberikan Allah swt kepada kita semua... Coba renungkan, melalui orangtua kita Allah swt telah memelihara kita sejak masih bayi dalam kondisi yang sangat lemah... memberi makan dan minum kita... memberikan pakaian untuk menghangatkan kita... dan memenuhi segala macam kebutuhan kita hingga dewasa. Namun apa yang terjadi setelah segala kebaikan dan rahmatNya dilimpahkan kepada kita? Kita sering durhaka padaNya, sering tidak melaksanakan apa yang diperintahkanNya, bahkan kita seringkali malas mengikuti sunnah yang diajarkan RasulNya... Walaupun demikian, dengan kasih sayangNya Allah tidak segera menghukum kita dengan azabNya yang sangat pedih.”

Mendengar perkataan orang tua bijak itu, menangislah lelaki muda tersebut sejadi-jadinya dan segera beristighfar mengingat dosa-dosanya terhadap Allah.


Teman-teman, seringkali kita terlalu sibuk memikirkan urusan duniawi, sehingga lupa membaca ayat-ayat Allah yang tersembunyi di balik semua kejadian dalam kehidupan duniawi kita.

No comments:

Post a Comment