Wednesday, December 9, 2009

Kentang Busuk

Seorang Ibu Guru Sekolah Dasar (SD) pada suatu hari merencanakan sebuah "permainan" untuk murid-murid di kelasnya.

Ibu Guru menyuruh tiap-tiap muridnya untuk membawa 1 buah kantong plastik transparan yang cukup besar dan beberapa kentang. Masing-masing kentang tersebut diberi nama berdasarkan nama teman sekelas yang dibenci oleh masing-masing murid, sehingga jumlah kentang yang harus dibawa tergantung pada jumlah orang-orang yang dibenci.

Pada hari yang disepakati masing-masing murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3 bahkan ada yang 5. Seperti perintah guru mereka, tiap-tiap kentang diberi nama sesuai nama orang yang dibenci.

Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama 1 minggu. Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat baunya juga tidak sedap.

Setelah 1 minggu murid-murid SD tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.

Ibu Guru: ”Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1 minggu?”

Keluarlah keluhan dari murid-murid SD tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut ke mana pun mereka pergi.

Guru pun menjelaskan apa arti dari "permainan" yang mereka lakukan.

Ibu Guru: "Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-bawa apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Itu hanya 1 minggu bagaimana jika kita membawa kebencian itu seumur hidup? Alangkah tidak nyamannya..."

No comments:

Post a Comment