Thursday, August 11, 2011

Inspirasi Ramadhan : Puasa Para Atlet Muslim Kelas Dunia

Alhamdulillah, tidak terasa kita sudah sampai lagi di bulan yang penuh Rahmat dan Berkah. Bulan yang penuh perjuangan karena kita harus menahan lapar, haus dan mengendalikan nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Sudah menjadi anggapan yang umum jika puasa selalu diidentikan dengan melemahnya tenaga dan berkurangnya semangat dalam beraktivitas. Tapi anda harus berpikir ulang jika membaca kisah atlet-atlet kelas dunia yang tetap menjalankan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan walaupun disaat bertanding dalam musim kompetisi yang berat.

Hakeem Olajuwon (mantan pemain tim bola basket Houston Rocket)

Musim kompetisi basket NBA terkadang bertepatan dengan bulan Ramadhan dimana kaum muslim harus menjalankan ibadah puasa, tidak terkeculai bagi Hakeem Olajuwon seorang pebasket Muslim yang berlaga untuk tim Houston Rockets (1984 – 2002). Mengenai ibadah puasa yang tetap dijalankannya meski harus menjalani serangkaian pertandingan yang menguras tenaga Hakeem menuliskan di biografinya yang dimuat di situs NBA "Saya meliihat diri saya selalu bersemangat dan penuh energi. Ketika saya berbuka saat matahari terbenam, seteguk air rasanya nikmat sekali,",

Husain Abdullah (pemain American Football dari klub Minnesota Vikings)

Menjelang musim NFL (National Football League) tahun lalu, latihan para pemainnya dimulai bertepatan dengan awal Ramadhan. Bagi seorang muslim seperti Husain Abdullah, tentu ini akan menjadi tantangan. Walaupun latihannya akan sangat berat dan menguras tenaga serta mengeluarkan keringat yang banyak dia akan tetap menjalankan puasa ” Saya menempatkan Allah Swt di atas segalanya, tak ada satu pun yang lebih penting di atas agama saya. Agama ini bukan sekedar apa yang wajib saya lakukan, tapi ini adalah pilihan saya. Jadi, saya akan berpuasa selama Ramadan," ujarnya mantap.

Frederic Kanoute (pemain klub sepakbola Sevilla, Spanyol)

Pemain sepakbola asal Mali yang bermain untuk Sevilla di liga Spanyol ini terkenal dengan ketaatannya menjalankan ibadah sebagai seorang muslim. Kerap dia terlihat sedang melaksanakan shalat di ruang ganti pakaian saat jeda pertandingan. Saat memasuki bulan Ramadhan pun dia tetap berpuasa, hal ini menimbulkan kritik dari publik yang meragukan kemampuan dia bermain saat berpuasa, dalam sebuah konfrensi pers, pemain terbaik Afrika pada tahun 2007 ini mengatakan ” Siapa yang tidak mengetahui ajaran Islam, tidak akan tahu bahwa puasa memberi kekuatan, dan bukan kelemahan”. Dan itu dibuktikan dia dengan performa yang tetap baik disaat tidak ada setetes air minumpun sepanjang permainan.

Bagaimana? setelah membaca tulisan di atas rasanya tidak ada alasan untuk berlemas-lemas ria di bulan puasa ini. Ketiga atlet tersebut bisa menjadi inspirasi agar Ramadhan kita penuh semangat. Bagaimana dengan anda?

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1432 H. Tetap semangat! :)

http://www.radiolitafm.com/index.php?option=com_content&view=article&id=82:inspirasi-ramadhan-puasa-para-atlet-muslim-kelas-dunia&catid=8:liputan&Itemid=12

No comments:

Post a Comment