Sunday, November 27, 2011

Kekuatan fisik Nabi Muhammad SAW

Rukanah bin ‘Abdi Yazid bin Hasyim bin al-Muththalib bin ‘Abdi Manaf adalah orang yang paling kuat tenaganya di kalangan kaum Quraisy. Pada suatu hari di suatu tempat di Makkah ia berada sendirian dengan dengan Rasullullah saw.

Beliau saw berkata kepadanya, “Hai Rukanah, alangkah baiknya jika engkau takut kepada Allah dan mau menerima ajakanku (memeluk Islam).”

Ia menjawab, “Kalau aku tahu bahwa yang kau katakan benar tentu engkau sudah kuikuti!”

Rasulullah saw. berkata lagi, “Bagaimana sikapmu jika engkau aku jatuhkan, apakah engkau mau tahu bahwa apa yang kukatakan benar?”

Rukanah menjawab, “Baiklah!”

Rasulullah saw. berkata, “Ayo mendekat, engkau akan kurobohkan!” Rukanah mendekat kemudian Rasulullah saw. mengunci tubuh Rukanah dan menjatuhkannya di atas tanah dalam keadaan tidak berdaya.

Tetapi Rukanah tidak puas dan mau mencoba sekali lagi. Dia berkata, “Mari kita ulang!” Setelah Rukanah bangun, segera Rasulullah saw. memitingnya dan merobohkannya lagi.

Dengan heran Rukanah berkata kepada Rasulullah saw., “Hai Muhammad, sungguh aneh sekali. Bagaimana engkau dapat merobohkannku!”

Beliau menjawab, “Ada yang lebih aneh dari itu. Jika engkau mau menundukkan diri dan takut kepada Allah serta menuruti perintahku, akan kuperlihatkan kepadamu yang jauh lebih aneh daripada itu.

Rukanah bertanya, “Apakah itu?”

Beliau menjawab, “Pohon yang kau lihat itu akan kupanggil datang mendekatiku.”

“Coba panggil dia!” Kata Rukanah.

Rasulullah saw. kemudian memanggil pohon itu yang kemudian bergerak sampai berada di hadapan beliau. Beberapa saat kemudian Rasulullah saw. memerintahkan pohon itu untuk kembali ke tempat semula. Dan benar, pohon itu segera kembali ke tempat semula.

Rukanah pulang ke tengah kaumnya (kaum Musyrik Quraisy) lalu berseru, “Hai Bani ‘Abdi Manaf, teman kalian itu (yakni Muhammad Rasulullah saw) sanggup menyihir semua penghuni bumi ini. Demi Allah, saya tidak pernah melihat ada tukang sihir sehebat dia!” Kemudian Rukanah menceritakan apa yang baru saja dia saksikan dan dia alami. Beberapa lama kemudian dia memeluk agama Islam dan menjadi sahabat Nabi.

Sumber : Buku Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad SAW ( Alhawaadits wa al ahwaal an Nabawiyyah) [Karya : Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Bin ‘Abbas Al-Maliki al-Hasani Penerbit : Darul Hidayah Hal 25-26 ]

Oleh : Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Bin ‘Abbas Al-Maliki al-Hasani
http://abizakii.wordpress.com/2011/05/02/kekuatan-fisik-nabi-muhammad-saw/

No comments:

Post a Comment