Tuesday, October 11, 2011

Nurkamil Saskeev, Berhaji Menggunakan Sepeda

Seorang jamaah haji yang berangkat dari Kirgistan dengan bersepeda akhirnya berhasil melewati Ankara pada hari Kamis, setelah berada di jalan selama sebulan.

Nurkamil Saskeev (56) memulai perjalanan dari ibu kota Kirgistan, Bishkek hanya membawa beberapa potong roti dan pakaian. Perjalanan Saskeev masih panjang. ia harus melewati banyak negara lagi untuk bisa sampai ke Makkah.

“Saya sudah melewati Kazakstan, Rusia dan Chechnya. Saya datang ke Trabzon dari Rusia menggunakan kapal. lalu melanjutkan dari Tranbzon ke Ankara naik sepeda,” katanya.

Setelah dari Turki, ia akan melewati iran dan Kuwait, barulah ia bisa sampai ke Arab Saudi. “Saya berencana untuk pergi melalui Suriah, tapi ada konflik internal disana. Jadi, saya memutuskan untuk lewat Kuwait saja,” katanya kepada kantor berita Anatolis, Selasa.

Saskeev akan berada di Ankara selama beberapa hari untuk mendapAtkan visa ke Kuwait dan Arab. Ia mengatakan tak ingin kehilangan waktu. Segera setelah visanya selesai, ia akan melanjutkan perjalanan.

Ia memilih naik haji menggunakan sepeda karena ia pikir niak haji menggunakan pesawat itu terlalu mudah. “Saya pikir tiba di Arab Saudi setelah beberapa jam naik pesawat terlalu mudah, bagi perjalanan ke Makkah yang dianggap sebagai kota suci. Dengan naik sepeda, saya bisa berhenti untuk istirahat dimanapun dan bertemu dengan orang lain,” ungkapnya. Ia mengaku sering bertemu dengan banyak orang dan menitip salam kepada nabi Muhammad.

Ia tersentuh dengan kisah Uwais al-Qarani, seorang sufi yang lahir di tahun 594. Al-Qarani melakukan perjalanan dari Yaman ke Makkah berjalan kaki hanya untuk melihat nabi Muhammad. “Saya tidak akan pernah menyerah,” katanya.

Ini bukan kali pertama Saskeev berada di Istanbul. Ia pernah datang ke Ankara dan Istanbul pada tahun 1993, bahkan sempat bertemu dengan Perdana Menteri Erdogan. Waktu itu, Erdogan menjabat sebagai walikota. Saskeev pernah meminta dibuatkan masjid di desanya. Erdogan sempat mencatat permintaan itu, tapi masjid belum dibangun samapi sekarang. (Dwi Murdaningsih)

http://www.jurnalhaji.com/2011/10/08/nurkamil-saskeev-berhaji-menggunakan-sepeda/

No comments:

Post a Comment