Thursday, October 27, 2011

Amalan Menjelang Tidur

Ummul Mukminin 'Aisyah meriwayatkan hadis mulia ini:

Rasulullah saw berkata kepadaku pada suatu malam, "Ya 'Aisyah, jangan berbaring tidur sebelum engkau melakukan empat ibadah ini: Pertama, membaca keseluruhan Al-Qur'an; Kedua, memperoleh ridha dari para Nabi yang mulia agar mereka memberi syafaat untukmu pada Hari Kebangkitan; Ketiga, menjadikan kaum beriman ridha terhadapmu; Dan keempat, menunaikan ibadah haji kecil." Kemudian beliau bangkit untuk mendirikan shalat dan berdoa tanpa memberiku waktu untuk bertanya.

Aku duduk di ranjang dan berpikir bagaimana mungkin melakukan empat amal yang diberkahi itu dalam waktu semalam. Ketika beliau selesai shalat dan berdoa, aku pun bertanya, "Ya Rasulullah, engkau lebih kucintai daripada kedua orangtuaku. Engkau melarangku tidur sebelem melakukan empat hal tadi. Bagaimana mungkin semua itu dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat?"

Beliau tersenyum dan menjawab, "Hai 'Aisyah, bacalah surat Al Ikhlas yang mulia sebanyak tiga kali, pahalanya sama dengan membaca seluruh Al Qur'an. Jika engkau mewiridkan sholawat dan salam kepadaku dan para Nabi sebelumku, maka engkau akan mendapatkan syafaatku dan syafaat mereka pada Hari Kebangkitan. Agar seluruh Mukminin ridha kepadamu, mintalah ampunan kepada Allah untuk mereka. Sedangkan haji kecil, engkau akan mendapatkan pahala yang sama dengannya jika engkau mewiridkan Subhaanallaah, Alhamdulillaah, Laa hawla walaa quwwata illa billaah, dan Allaahu Akbar."

Sumber:
Buku 'Allah, Nabi Adam & Siti Hawa' karangan Syaikh Muzaffer Ozak Al-Jerrahi

No comments:

Post a Comment