Monday, May 9, 2011

Susu Basi

Suatu hari raja Anusyirwan menderita sakit. Orang-orang kepercayaan dan tentaranya telah menjelajah seluruh pelosok kerajaan. Anusyirwan menyatakan kepada para pembantunya bahwa penyakit dirinya hanya akan sembuh oleh susu basi yang ada di suatu daerah yang hancur. Maka, seluruh bawahan Anusyirwan menyisir seluruh daerah di wilayah kerajaan untuk menemukan susu basi tersebut.

Dalam beberapa hari seluruh daerah yang ada di wilayah kerajaan Anusyirwan disisir oleh para pembantunya. Namun, ternyata susu basi tersebut tidak ditemukan begitu juga daerahnya yang hancur tersebut.

Akhirnya, para bawahan Anusyirwan pulang ke istana untuk menyampaikan hasil penyisirannya. Mereka memberitahukan kepada baginda raja bahwa susu dan daerah yang hancur itu tidak diketemukan.

Mendengar laporan para bawahannya seperti itu, Anusyirwan berkata, “sesungguhnya saya hanya ingin tahu tentang keadaan kerajaanku. Saya ingin tahu apakah ada kampung yang hancur. Kalau ada, saya akan segera membangunnya. Sedangkan jika ada susu yang basi, akibat tidak terjual, saya akan segera memperbaiki keadaan pasar agar proses jual beli di sana lancar. Sehingga, tidak ada lagi makanan atau barang-barang yang tidak terjual. Kalau kalian tidak menemukan susu basi dan kampung yang hancur itu, berarti kerajaanku makmur dan masyarakanya tidak kelaparan. Sebenarnya, yang menjadikanku sakit adalah karena diriku merasa was-was andaikan masih ada daerahku yang tidak makmur.”

Kisah Hikmah
Kumpulan Kisah dari Kitab-Kitab Imam Al-Ghazali

No comments:

Post a Comment