Monday, May 9, 2011

Kisah Seekor Gagak Yang Menyuapi Orang Yang Lagi Kelaparan

Pada satu saat, Malik bin Dinar pergi berhaji ke Mekkah. Di dalam perjalanan, ia melewati padang ilalang dan hutan belantara. Pada satu tempat, ia tertegun melihat seekor gagak yang terbang membawa sebongkah roti di paruhnya.

Malik menyaksikan burung gagak itu dengan rasa curiga. Ia merasa bahwa ada sesuatu di balik terbangnya burung gagak dengan sepotong roti. Karena itu, Malik mengikuti jejak burung itu. Sampailah ia di sebuah gua. Ia mendekat dan masuk mulut gua. Ia memandang sekilas isi gua itu. Ia terkejut, ternyata di dalam gua itu terdapat sesosok tubuh dengan tangan dan kaki yang terikat. Si gagak yang ia ikuti tengah memasukkan roti itu ke mulut orang yang terikat, sedikit demi sedikit. Setelah roti itu habis, gagak terbang kembali ke angkasa.

Malik tertegun melihat semua ini dan bertanya kepada laki-laki yang terikat itu, "Hai siapakah engkau?"

Orang itu menjawab, "Semula aku akan pergi haji. Di tengah perjalanan, hartaku dirampas para penyamun. Mereka mengikatku dan melemparkanku ke tempat ini. Sudah lima hari aku tidak menemukan makanan tetapi aku masih bersabar dan berdoa. Aku yakin bahwa Dia (Allah) akan mengabulkan doa hamba-Nya yang ditimpa kemalangan. Setelah itu, datang seekor gagak diutus Tuhan. Setiap hari burung itu memberikan makanan dan minuman untukku."

Setelah mendengar cerita orang itu, Malik bin Dinar melepaskan ikatannya. Orang itu segera bersujud mensyukuri perlindungan dan penjagaan Tuhan yang tak terputus untuknya.

Mereka berdua pun melanjutkan perjalanan menuju Baitullah.

https://namakugusti.wordpress.com/2010/08/07/kisah-seekor-gagak-yang-menyuapi-orang-yang-lagi-kelaparan/

1 comment:

  1. Sungguh semua yang terjadi di dunia tidak ada yang kebetulan semuanya telah diatur dan ditata oleh penguasa jagat (ALLAH AZZA WAJLLA), baik berupa kesenangan maupan yang kita rasakan sebagai penderitaan, kesemuanya itu tidak lain agar kita selalu tau dan sadar bahwa tidak ada yang kita bisa perbuat tanpa izin ALLAH SWT
    SEMOGA KITA ORANG-ORANG YANG PADAI BERSYUKUR

    ReplyDelete