Thursday, January 20, 2011

Perilaku Aneh tapi Menguntungkan

Sebuah kisah nyata tentang William Henry Harrison, presiden Amerika ke-9.

Pada waktu William masih kecil dia sering mengamen dengan membuat sebuah pertunjukan kecil. Hari itu ia pergi ke sebuah taman yang ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Melihat tingkah lakunya banyak orang yang berpikir bahwa William kecil itu begitu dungunya. Apa pasal? Ternyata ketika orang-orang memberikan pecahan uang dollar ia selalu mengambil hanya pecahan 1 dollar. Meskipun pada waktu itu banyak yang memberikan pecahan 5, 10 dollar, ia menolaknya dan hanya mengambil pecahan 1 dollarnya saja.

Orang-orang pun merasa si William itu begitu bodohnya, dan banyak orang yang mencoba menguji kebodohannya. Dan ternyata memang setiap uang yang dilemparkan ke arahnya, si William kecil hanya mengambil pecahan 1 dollar saja!

Hingga suatu hari, lewatlah guru William di sana dan mencoba menjelaskan kepada William, "William, uang 10 dollar itu lebih besar dari 5 dollar, dan 5 dollar itu lebih besar dari 1 dollar"

"Saya tahu Bu guru, tetapi kalau saya mengambil selain 1 dollar maka tidak ada lagi yang aneh pada diri saya... Lihatlah mereka justru senang dengan perilaku saya dan terus mencoba memberikan uang, dan sayapun senang."

Ada pelajaran menarik disini, bahwa Ia mungkin terlihat bodoh tetapi justru kecerdasan emosinya membuatnya tidak memperdulikan dirinya ditertawakan orang. Dan sebenarnya justru ia sedang menertawakan kebodohan orang lain.

No comments:

Post a Comment