Monday, December 19, 2011

Pantang Menyerah Ditolak

Setelah Elvis lulus dari SMU pada 1953, ia mendapatkan pekerjaan di sebuah toko milik M.B. Parker Machinist dengan penghasilan $33 per minggu. Saat menuju tempat kerjanya, ia melewati Memphis Recording Service. Di studio musik itu Elvis merekam beberapa lagu yang biasanya ia perdengarkan kepada ibunya ketika kembali ke rumah.

Si resepsionis studio menggambarkan Elvis sebagai anak pemalu, pendiam, tampangnya urakan, dan membawa gitar. Ketika Elvis menunggu giliran untuk merekam lagunya yang berjudul My Happiness dan That's When Your Heartaches Begin, dia bertanya kepada resepsionis di situ, apakah ada band yang mencari seorang vokalis. Dan jawabannya selalu tidak.

Dia ingin menjadi artis, tapi tidak tahu bagaimana caranya. Hingga beberapa bulan kemudian, Elvis masih mencari-cari lowongan sebagai vokalis sembari terus merekam beberapa lagu di Memphis Recording Service.

Pada April 1954, Elvis pindah kerja ke Crown Electric sebagai pengemudi truk. Saat bekerja pada perusahaan inilah Elvis bertemu dengan sahabat lamanya Ronnie Smith. Pada saat itu Ronnie sudah bergabung dengan sebuah band profesional yang dipimpin Eddie Bond, seorang musisi yang baru saja kembali dari tugas wajib militer di Angkatan Laut. Ronnie lalu bercerita bahwa mereka akan membentuk band kembali dan membutuhkan seorang vokalis. Ronnie menawarkan Elvis untuk ikut serta dalam audisi menjadi vokalis band mereka.

Elvis mengikuti audisi itu. Ia datang ke klub tempat audisi diadakan. Dengan grogi dan malu-malu ia menyanyikan lagu di hadapan Eddie Bond. Namun, ia ditolak dengan kalimat, "Tetaplah menjadi sopir truk karena kau tidak akan pernah bisa menjadi penyanyi."

Beberapa bulan setelah itu Elvis ditawari untuk membuat album oleh Sam Phillip, pemilik Memphis Recording Service. Salah satu lagunya That's All Right (Mama) menjadi hits di Memphis. Kabar ini kemudian terdengar oleh Eddie Bond yang lalu meminta Ronnie Smith untuk menanyakan apakah Elvis masih mau menjadi vokalis band mereka. Jawabannya, ia menolak tawaran tersebut. Ia lebih memilih ber-solo-karier dan ia akhirnya dikenal sebagai raja rock n roll.

Seandainya ada yang menanggapi negatif bakat Anda, boleh jadi itu karena mereka belum tahu apa nilai lebih dari bakat Anda tersebut. Jangan menyerah ketika mendapat penolakan.

***

"Sesuatu yang manusiawi jika seseorang mengeluh, tapi aku akan terus melangkah dan melakukan yang terbaik yang aku bisa." (Elvis Presley)

Sumber : "101 Kisah Inspiratif", karya Assep Purna

No comments:

Post a Comment