Monday, November 15, 2010

Appamma Kajjallappa Ratu India Contoh Pemimpin Bijaksana

Apalah arti sebuah pemimpin kalau seorang pemimpin tidak pernah memikirkan rakyat yang dipimpimnya, banyak pemimpin di Negeri ini yang hanya memikirkan kepentingan pribadinya tanpa berfikir keadaan rakyatnya. Pemimpin seperti ini tentunya tidak pernah akan disegani dan disenangi oleh orang banyak. Tapi berbeda dengan Appamma Kajjallappa, salah satu ratu di India yang merupakan istri ketiga dari Raja Venkateswara Ettappa, penguasa di Virudhunagar, India.

Sungguh mengharukan dan juga menyedihkan kisah hidup yang dialami oleh mantan ratu india saat ini. Sang ratu sekarang hidup miskin, bahkan Appamma Kajjallappa bersama anaknya rela hidup di sebuah gubuk dan berjuang keras untuk mendapatkan sesuap nasi. Kehidupan yang saat ini dialami oleh Ratu Appamma Kajjallappa bukan karena kejahatan ataupun kehinaan seperti layaknya para pemimpin sekarang yang terkena adzab karena korupsi tapi melainkan Appamma Kajjallappa miskin karena sangat memikirkan rakyat-rakyatnya.

Sepeninggal suaminya ternyata jiwa kepemimpinan seorang ratu Appamma Kajjallappa tidak ikut mati, bahkan semua harta benda peninggalan suaminya telah ia sumbangkan demi kesejahteraan rakyat-rakyatnya. “Sudah saya sumbangkan ke rakyat,” kata Appama, baru-baru ini. Bahkan, istana peninggalan juga sudah berubah menjadi sebuah sekolah demi memenuhi permintaan rakyat.

Sebagai seoarang pemimpin rakyat adalah segalanya, bukan harta benda semata yang dia pikirkan. “Anggota keluarga kami sangat murah hati. Kami menyumbangkan segalanya demi kejehateraan desa. Itulah yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin,” tambah Appama. Sungguh mulia dan bijaksana apa yang dilakukan Appamma Kajjallappa.

Appama menambahkan, “Mungkin dulu saya adalah seorang ratu, tapi kini saya bukan siapa-siapa lagi. Kami sangat miskin.”

Lalu apakah rakyat tidak kembali memikirkan kondisi mantan ratu mereka yang sudah mati-matian memikirkan mereka saat kekuasaan masih dia pegang ? ternyata melihat kondisi Appamma Kajjallappa sang ratu india ini masih ada beberapa penduduk desa merasa iba dengan nasib ratu mereka. Sebenarnya, Appamma bekerja di kuil saat ada perayaan ataupun persembahan. Namun, setiap kali penduduk ingin memberikan sesuatu, Appama selalu menolak. Ia beranggapan melayani kuil suci merupakan suatu kehormatan bagi dirinya.

http://www.jurug.com/motivasi-hidup/appamma-kajjallappa-ratu-india-contoh-pemimpin-bijaksana.html

2 comments:

  1. the great leader....
    patut di contoh sikap dan perbuatan seperti ini.
    i am very proud...

    ReplyDelete
  2. sungguh bangga masih ada manusia spt ini dimuka bumi.

    ReplyDelete